Ketua DPRD Sumatera Utara Soroti Pentingnya Perda Pemajuan Kebudayaan dalam Mencerdaskan Kehidupan Bangsa

0

Medan, HARIANMEDIARAKYAT


Ketua DPRD Sumatera Utara, Sutarto, menyatakan bahwa Ranperda Pemajuan Kebudayaan memiliki arti penting sebagai upaya ‘mencerdaskan kehidupan bangsa’ dan pembangunan daerah. Pernyataan ini disampaikan saat Sosper Ranperda Pemajuan Kebudayaan di Desa Saentis, Kecamatan Percut Sei Tuan, Deliserdang, pada Senin (10/6/2024).

Acara tersebut dihadiri oleh berbagai pihak termasuk akademisi UINSU Aminuddin Marpaung, pengurus PAC PDI Perjuangan Percut Sei Tuan, dan tokoh masyarakat. Sutarto menekankan perlunya melibatkan seniman, sanggar budaya, budayawan, dan UMKM dalam pembangunan daerah ke depan.

Sutarto juga menyoroti kekayaan kebudayaan Sumatera Utara yang meliputi tradisi lisan, manuskrip, adat istiadat, olahraga tradisional, seni, bahasa, dan ritus.

Dia berharap dengan adanya Perda Pemajuan Kebudayaan, akan dapat merangkum pokok pikiran kebudayaan daerah serta melakukan identifikasi terhadap SDM kebudayaan, lembaga kebudayaan, dan pranata kebudayaan provinsi.

Aminuddin Marpaung, seorang akademisi UINSU, juga menyampaikan pentingnya internalisasi kebudayaan daerah dalam program pendidikan ke depan. Dia menekankan agar generasi muda tidak melupakan akar budaya bangsa dan tetap menjaga jati diri sebagai bangsa Indonesia.

Aminuddin berharap agar kebudayaan dapat menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan bangsa, mencerminkan darah kepribadian, serta menjadi nilai-nilai kebangsaan yang ditanamkan pada generasi muda. (Agung)

Sebarkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *