Penguatan Literasi dan Inklusi Keuangan Syariah Melalui Indonesia Sharia Financial Olympiad (ISFO) 2024

0

Jakarta, HARIANMEDIARAKYAT

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menggelar Indonesia Sharia Financial Olympiad (ISFO) 2024 dengan tema “Sharia Smart Generation for Brighter Future”, bertujuan untuk meningkatkan literasi dan inklusi keuangan syariah di kalangan pelajar dan mahasiswa.

Friderica Widyasari Dewi, Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Usaha Jasa Keuangan, Edukasi, dan Pelindungan Konsumen OJK, membuka acara Kick-Off ISFO 2024 secara virtual di Jakarta pada hari Senin. Friderica menyatakan bahwa peningkatan literasi keuangan pada generasi muda sangat penting agar mereka dapat mengelola keuangan dengan baik menggunakan produk keuangan syariah dan menghindari kejahatan finansial di era digital saat ini.

“Dengan adanya digitalisasi, pendidikan keuangan bagi generasi muda yang terampil dalam hal digital sangat diperlukan untuk mempersiapkan mereka sebagai generasi penerus yang dapat aktif dalam industri jasa keuangan, terutama dalam ekonomi dan keuangan syariah,” ujarnya.

Friderica juga mengingatkan para pelajar dan mahasiswa untuk tidak terjebak dalam sikap “fear of missing out (fomo)”, “you only live once (yolo)”, dan “fear of other’s people’s opinion (fopo)” yang berpotensi menimbulkan kerugian, seperti kasus penipuan dan investasi ilegal.

Aman Santosa, Kepala Departemen Literasi, Inklusi Keuangan, dan Komunikasi OJK, menjelaskan bahwa ISFO 2024 akan melibatkan siswa SMA dan mahasiswa di seluruh Indonesia melalui 35 kantor OJK yang tersebar di seluruh wilayah.

“Dengan penyelenggaraan ISFO 2024, kami berharap dapat meningkatkan kesadaran dan minat para pelajar dan mahasiswa dalam menggunakan produk dan layanan keuangan syariah serta membentuk generasi muda yang terampil dalam hal keuangan syariah,” katanya.

Acara Kick-Off ISFO 2024 juga dihadiri oleh perwakilan dari berbagai kementerian, lembaga, dan mitra penyelenggara ISFO 2024, serta peserta dari seluruh Indonesia.

ISFO 2024 akan berlangsung dari Juni hingga Agustus 2024 dengan dua jenis kompetisi utama, yaitu Kompetisi Cerdas Cermat Keuangan Syariah dan Wirausaha Muda Syariah. Panitia ISFO 2024 telah menyiapkan hadiah dengan total ratusan juta rupiah, e-sertifikat, dan hadiah menarik lainnya.

Informasi lebih lanjut tentang ISFO 2024 dapat dilihat di https://linktr.ee/ISFO2024.

ISFO 2024 merupakan ajang nasional yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kemampuan siswa SMA dan mahasiswa tentang keuangan syariah, serta mendorong jiwa kewirausahaan dan inklusi keuangan syariah di Indonesia melalui berbagai sarana edukasi digital yang disediakan oleh OJK, seperti Learning Management System Edukasi Keuangan (LMSKU) dan minisite Sikapiuangmu.

Sumber: Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

Sebarkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *