492 Calon Taruna Akpol Jalani Gladi Bersih Tes Akademik dan Asesmen Mental Ideologi

0

Semarang, HARIANMEDIARAKYAT – Sebanyak 492 calon taruna dan taruni Akademi Kepolisian (Akpol) mengikuti gladi bersih untuk tahapan Tes Akademik dan Asesmen Mental Ideologi tingkat pusat. Staf Sumber Daya Manusia (SSDM) Polri menjelaskan bahwa tujuan kegiatan ini adalah memastikan seluruh peserta memahami proses tes menggunakan metode Computer Assisted Test (CAT).

“Kita melakukan gladi bersih untuk memeriksa seluruh rangkaian kegiatan, mulai dari pergeseran calon taruna dari kompleks Akpol, kedatangan di lokasi Gedung D Kampus Universitas Dian Nuswantoro Kota Semarang, pembagian kelas, hingga pengecekan alat komputer,” jelas Kepala Tim CAT Akademik Seleksi Tingkat Pusat Akpol dari Biro Pengendalian Personel SSDM Polri, Kombes Yudhianto Adhi Nugroho, pada Sabtu (13/7/2024).

Yudhianto berharap gladi bersih ini akan membuat para calon taruna semakin siap menghadapi Tes Akademik dan Asesmen Mental Ideologi yang dijadwalkan berlangsung pada Minggu (14/7). Dia juga berharap gladi bersih ini dapat memastikan bahwa tahapan tes akan berlangsung dengan tertib dan fokus, serta mengantisipasi kendala yang mungkin muncul. “Ini bertujuan untuk kelancaran pelaksanaan tes,” tambah Yudhi.

Panitia Pusat Seleksi Taruna Akpol menjadwalkan Uji Akademik dan Asesmen Mental Ideologi dimulai pukul 07.00 WIB hingga siang hari. Tiga materi yang akan diujikan meliputi Bahasa Inggris, Tes Potensi Akademik, dan Asesmen Mental Ideologi.

“CAT Akademik ini bertujuan untuk menilai tingkat intelektual calon taruna, memilih yang terbaik, dan mengurutkan berdasarkan ranking sesuai kuota yang tersedia,” jelasnya.

Selanjutnya, para calon taruna akan menjalani Tes Psikologi dan Tes Jasmani. Berdasarkan jadwal SSDM Polri, rangkaian tes calon taruna Akpol akan berakhir pada Senin (29/7) dengan agenda Sidang Kelulusan Akhir Tingkat Panitia Pusat Seleksi Akpol. (Agung)

Sebarkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *